5 Karakteristik Alumni Baru yang Disukai Pimpinan di Pekerjaan Fresh

admin

5 Karakteristik Alumni Baru yang Disukai Pimpinan di Pekerjaan Fresh

Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terlebih bagi para lulusan baru. Salah satu alasan mengapa lulusan baru merasa kesulitan mendapatkan pekerjaan adalah kurangnya pengalaman kerja yang dimiliki. Namun sekarang, lulusan baru sudah banyak yang memiliki keterampilan soft dan hard yang mereka peroleh dari program perkuliahan, organisasi kampus, hingga magang.

Hai, bagi kamu fresh graduate yang baru saja diterima di tempat kerja, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Selain harus dapat beradaptasi dengan lingkungan kerja, kamu juga perlu pandai beradaptasi dengan atasanmu. Untuk memberikan gambaran lebih jelas, berikut ini IDN Times Community telah merangkum 5 sifat fresh graduate yang disukai pimpinan. Yuk, simak ulasannya!

1. Antusias

ilustrasi karyawan kantoran (pexels.com/andreapiacquadio))

Seorang fresh graduate yang belum memiliki pengalaman bekerja sebelumnya cenderung memiliki antusiasme yang tinggi. Sifat positif ini umumnya dimiliki oleh para fresh graduate karena mereka merasa excited akan lingkungan baru. Mereka melihat kantor baru sebagai langkah awal untuk meraih cita-cita dan karier mereka.

Salah satu alasan mengapa para pimpinan menyukai para fresh graduate adalah karena mereka memiliki antusiasme yang tinggi. Energi positif yang dibawa oleh para fresh graduate dapat menular di tempat kerja. Bagaimana dengan Anda saat masih menjadi seorang fresh graduate? Apakah Anda juga memiliki antusiasme yang tinggi atau malah merasa kurang termotivasi?

2. Rajin

ilustrasi bekerja efisien (unsplash.com/timvanderkuip)

Siapa yang tak akan menyukai orang yang rajin, terutama di dunia kerja? Seorang fresh graduate biasanya sangat rajin di tempat kerja baru mereka. Mereka jarang terlambat datang ke kantor. Sifat ini tentu sangat disukai oleh pimpinan mereka.

Cek Gaji Lainnya:  5 Tips Mengatasi Beban Kerja Berlebih, Berhenti dengan Penuh Kepuasan!

Para lulusan baru umumnya bersedia melakukan pekerjaan apa pun yang diminta oleh pimpinannya. Dibandingkan dengan karyawan yang telah lama bekerja dan mungkin menjadi kurang responsif, para lulusan baru ini cenderung lebih rajin dan patuh terhadap perintah dari atasan. Hal ini seringkali membuat mereka sering diminta bantuan oleh para senior.

3. Pendengar yang baik

ilustrasi karyawan sedang memberikan ide (pexels.com/felicitytai)

Bukan berarti si fresh graduate adalah seorang konselor. Namun, keberadaan mereka di dunia kerja seperti gelas kosong yang siap diisi oleh pimpinan dan senior mereka. Oleh karena itu, para anak baru kerap lebih banyak mendengar dan belajar dari lingkungan kerja.

Para pimpinan sangat menyukai sifat tunduk dan pendengar yang baik dari para fresh graduate. Hal ini menandakan bahwa para fresh graduate siap menerima tugas dan pekerjaan yang diberikan. Jadi, bagi kamu yang masih fresh graduate, jadilah pendengar yang baik!

4. Mudah diarahkan

ilustrasi meeting di kantor (pexels.com/christinamorillo)

Melanjutkan poin-poin di atas, para fresh graduate umumnya lebih mudah diarahkan dibandingkan dengan senior mereka. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan mereka mengenai dunia kerja sehingga mereka cenderung mengikuti arahan dari pimpinan. Hal ini memang menjadi dasar yang harus dimiliki oleh semua karyawan, tetapi masih banyak yang sering berdebat dengan pimpinan karena perbedaan pendapat.

Miliki sifat mudah diarahkan, para fresh graduate memiliki potensi menjadi karyawan pilihan dan kesayangan pimpinan di tempat kerja baru. Yang perlu kamu lakukan hanyalah patuh dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan. Tidak perlu mencari masalah dengan tidak mengikuti perintah yang diberikan!

5. Terbuka untuk belajar hal baru

ilustrasi pegawai yang bahagia (freepik.com/benzoix)

Seorang fresh graduate juga sering diibaratkan sebagai kertas kosong. Pimpinan, rekan kerja, dan lingkungan kerja dapat menjadi pena yang akan mengisi kertas tersebut dengan berbagai tulisan. Para fresh graduate yang belum memiliki pengalaman sebelumnya cenderung lebih terbuka untuk belajar hal-hal baru dibandingkan dengan karyawan berpengalaman. Hal ini tentunya memudahkan pimpinan dalam mengarahkan mereka.

Cek Gaji Lainnya:  Apakah penting untuk memiliki strategi untuk mengelola waktu saat mencari pekerjaan?

Dilihat dari 5 sifat di atas, kamu paling merelakan diri untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru atau nomor berapa? Jangan-jangan kamu memiliki 5 sifat baik di atas sebagai fresh graduate? Jika sudah memiliki, pertahankan agar kamu disenangi oleh atasanmu, ya!

Leave a Comment